Cara menghilangkan tato di tubuh


Siang-Siang panas di kota ku tercinta ini, rasa-rasa nya males buat pergi mending bikin artikel yang terupdate dan semoga saja sih bermanfaat :D .. Untuk artikel saya yang satu ini admin saya sendiri nahdahmuslim.blogspot.com akan share artikel yang menurut admin menarik sih ,,, semoga kalian kawan kawan ku terbantu dengan artikel ku yang satu ini yaa ,,, hehehe
langsung saja deh gak usah basa basi lagi Cara menghilangkan tato di tubuh

Tato saat ini telah menjadi trend dan gaya hidup, banyak yang berasumsi bahwa tato adalah karya seni dimana seseorang dapat menggambarkan dirinya sendiri,atau identitas dirinya ke tubunnya. Tato sendiri adalah luka dari tusukan, yang dibuat didalam kulit & kemudian diberi tinta. Tato dibuat dengan cara menusukkan jarum ke kulit & kemudian dimasukkan tinta ke wilayah tersebut. Yang membuat tato menjadi tahan lama, adalah karena tinta tersebut dimasukkan bukan kedalam epidermis (lapisan teratas kulit yang, sering mengelupas & diproduksi lagi seumur hidup). Maka jika anda termasuk salah seorang yang berniat untuk membuat tato tubuh,Sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini :

Cara menghilangkan tato di tubuhCara menghilangkan tato di tubuh


Efek Samping Tato

1. Infeksi kulit

Membuat tato tubuh juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri lokal di area tubuh yang dibuat tato. Gejala yang dirasakan bila terjadi infeksi adalah kemerahan, bengkak & rasa sakit serta adanya nanah di tempat tato tersebut berada.

2. Reaksi alergi

Bahan pewarna yang digunakan pada tato, terutama warna merah dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi pada kulit. Akibatnya akan timbul rasa gatal di area tubuh yang ditato. Hal ini bahkan dapat berlangsung selama beberapa tahun setelah tato tubuh tersebut dibuat.

3. Masalah kulit lainnya

Kadang benjolan yang disebut dengan granuloma dapat timbul di setira area tubuh yang di tato dengan warna, terutama warna merah. Membuat tato juga dapat menimbulkan tumbuhnya jaringan di sekitar tato yang disebut dengan keloid.

4. Penyakit menular

Bila peralatan yang digunakan untuk membuat tato terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi penyakit, maka penyakit tersebut juga dapat masuk kedalam darah. Penyakit yang dapat menular melalui darah antara lain adalah hepatitis B, hepatitis C, tetanus, serta infeksi HIV yang dapat menyebabkan AIDS.

5. Komplikasi saat MRI

Meskipun jarang terjadi, tato atau make-up permanen dapat menyebabkan timbulnya rasa terbakar atau bengkak saat dilakukan pemeriksaan dengan MRI (magnetic resonance imaging). Pada beberapa kasus, pigmen pada tato juga dapat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan saat MRI.

Bila mengalami reaksi alergi, infeksi kulit atau masalah kulit lainnya, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pada beberapa kasus, bahkan diperlukan prosedur penghilangan tato.

Perawatan tubuh Setelah Tato

Perawatan yang dilakukan setelah menjalani pembuatan tato tubuh dapat beragam, tergantung dari jenis & luas tato yang dibuat. Meskipun demikian terdapat perawatan standar yang dapat dilakukan sesuah membuat tato tubuh, :

    • Mengganti perban setelah 24 jam. Oleskan salep antibiotik pada kulit yang di tato hingga sembuh.
    • Jagalah agat area tubuh yang di tato tetap bersih dengan cara membersihkan area kulit tersebut dengan sabun & air serta keringkan dengan cara ditepuk jangan digosok.
    • Slalu gunakan pelembap kulit. Oleskan pelembap kulit pada area yang di tato beberapa kali sehari.
    • Hindari paparan sinar matahari. Lindungi area yang ditato dari sinar matahari setidaknya selama beberapa minggu.
    • Biarkan area kulit di sekitar wilayah tato tersebut untuk pulih setidaknya dalam waktu 2 minggu. Jangan cabut bekas luka yang mengering (keropeng) yang ada, karena dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi serta merusak gambar yang dibuat & dapat menimbulkan bekas luka.

Menghilangkan Tato di tubuh

Penghilangan tato dengan prosedur laser biasanya akan membutuhkan beberapa kali kunjungan, dengan setiap kunjungan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Anestesi dapat diperlukan atau juga tidak, tergantung dari kebutuhannya.

Cara penghilangan tato dengan sinar laser adalah dengan mengirim sinar gelombang pendek dari cahaya melalui lapisan paling atas dari kulit, dimana energi laser tersebut diarahkan pada pigmen yang terdapat pada tato sehingga memecah pigmen tersebut untuk kemudian akan dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Pada saat proses pelaseran tersebut, mungkin akan terasa sama tidak nyamannya seperti saat pembuatan tato tubuh. Proses perawatan luka akibat laser tersebut juga akan sama seperti setelah selesai pembuatan tato. Tetapi biasanya, biaya yang dikeluarkan untuk proses penghilangan tato akan menjadi lebih mahal bila dibandingkan dengan saat pembuatan tato. Hal ini karena proses penghilangan tato tubuh tersebut biasanya akan membutuhkan beberapa kali kunjungan hingga hilang sepenuhnya.

Meskipun tato termasuk dalam seni untuk menghias tubuh, tetapi karena sifatnya yang permanen maka sebaiknya pikirkan masak-masak sebelum ingin membuat tato tubuh. Dan bila sudah mantap ingin membuat tato tubuh, sebaiknya pilih studio tato profesional dengan peralatan yang aman & hygienis, serta selalu meminta seniman tato agar menggunakan sarung tangan & jarum baru untuk sekali pakai untuk digunakan saat membuat tato tubuh.

Cara menghilangkan tato di tubuh

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya