Cara tepat agar rambut senantiasa sehat

Tinggal di negara dengan iklim tropis lebih memudahkan dalam perawatan kulit maupun rambut. Beruntung bagi perempuan Indonesia, karena mereka yang tinggal di iklim kering memiliki rambut yang lebih sehat. Nah, tugas Anda adalah merawat kesehatan rambut agar tetap terjaga. 


Cara tepat agar rambut senantiasa sehat

Cara tepat agar rambut senantiasa sehatMulailah dengan teratur mencuci rambut dua hari sekali. Negara dengan iklim tropis memiliki kelembaban tinggi, belum lagi polusi udaranya. Inilah sebabnya mengapa pencucian rambut perlu dilakukan dua hari sekali. "Berbeda dengan negara beriklim dingin yang tidak terlalu lembab. Mencuci rambut di negara empat musim tak harus dua hari sekali, mereka bisa mencuci empat hari sekali. Namun kondisi rambut di iklim kering lebih sehat daripada mereka yang tinggal di iklim dingin," jelas penata rambut profesional Rudy Hadisuwarno, saat temu media di kantor Pantene beberapa waktu lalu.

Lantas seperti apa sih rambut sehat? Rudy menjelaskan rambut dikatakan sehat jika mengilap tapi bukan karena berminyak, warna rambut merata dari akar hingga ujung rambut (karena rambut yang rusak warna pada ujungnya lebih merah dari akar), serta tidak mudah kusut jika tertiup angin.

Jika rambut Anda punya semua ciri-ciri ini, tandanya kondisi rambut sudah sehat dan yang perlu dilakukan kemudian adalah merawatnya dengan benar. Perawatan dasar yang wajib Anda lakoni dengan benar di antaranya:
* Cuci rambut dua kali sehari untuk kondisi Indonesia yang beriklim tropis. Boleh saja mencuci rambut setiap hari, tetapi pastikan sampo yang dipilih punya tingkat kelembutan yang tepat, jelas Rudy. Pilih produk sesuai dengan kebutuhan rambut apakah kering, berminyak, berketombe, atau rontok.

* Gunakan kondisioner dengan tepat. Rudy menjelaskan, saat mencuci rambut, kutikula terbuka, dan kotoran terangkat. Nah, kutikula yang terbuka ini perlu ditutup kembali dengan penggunaan kondisioner. "Saat menggunakan kondisioner jangan dipijat dan jangan terkena kulit kepala tetapi aplikasikan pada batang rambut saja," jelas Rudy. Kondisioner lebih berfungsi sebagai pelindung atau pelapis batang rambut.

Selain mencuci rambut dan menggunakan kondisioner yang tepat dan benar, perawatan rambut lainnya juga bisa Anda aplikasikan, seperti:
* Menggunakan hair tonic pada akar rambut.
* Creambath atau hair mask seminggu sekali di salon.
* Menggunakan serum untuk batang rambut dan untuk kulit kepala. Rudy menjelaskan serum pada dasarnya merupakan vitamin untuk rambut. Penggunaan serum terbagi dua, untuk batang rambut agar rambut bisa lebih lurus, dan untuk kulit kepala yang lebih ditujukan untuk mengatasi masalah ketombe. Penggunaan serum hanya dioleskan saja di batang rambut tanpa perlu dibilas.

Tak sulit mendapat rambut sehat bukan? Anda hanya perlu cerdik memilih produk dan memperlakukan mahkota Anda ini dengan baik agar tetap sehat.

Cara tepat agar rambut senantiasa sehat

Bagikan ke

Artikel Menarik Lainya